nice

Dengan Teknik Injeksi Batang, Manuver 400 WSC Kendalikan Hama Utama KELAPA SAWIT Print E-mail

Kepala Sub Dinas Bina Perlindungan Tanaman Perkebunan, Sumatera Utara H. Ir. Mustafa Kemal menyatakan, hama utama kelapa sawit khususnya hama ulat kantong dan ulat api dari waktu ke waktu serangannya selalu membawa masalah bagi para petani pekebun (planters). Sejak dilarang penggunaan bahan aktif monokrotofos dan metamidofos untuk mengendalikan hama ulat kantong, para petani pekebun merasa kesulitan untuk mengendalikan hama tersebut.

"Untuk mengatasi hal ini petani pekebun jangan khawatir,  karena dengan insektisida Manuver 400 WSC  dari PT. Biotis Agrindo dapat mengendalikan hama utama pada tanaman kelapa sawit khususnya hama ulat kantong dan ulat api. Bahkan insektisida Manuver 400 WSC dengan bahan aktif dimehipo 400 g/l ini satu-satunya yang sudah resmi terdaftar diperuntukkan tanaman kelapa sawit dari Komisi Pestisida," jelas Kemal.

Kemal menyampaikan hal itu pada acara Pertemuan Teknis Pengendalian Ulat Kantong dan Ulat Api, yang dihadiri para petani dan pengusaha pekebun yang bertempat Grand Angkasa, Medan, Sumatera Utara baru-baru ini. Lebih lanjut Kemal mengajak kepada para pekebun untuk memanfaatkan Manuver 400 WSC dengan baik, sehingga tanaman kelapa sawit terbebas dari serangan hama ulat kantong dan ulat api.

Sementara itu  Direktur PT. Biotis Agrindo, Ir Herman Sutanto menyatakan,   dengan pertemuan teknis yang diselenggarakannya itu dimaksudkan sebagai ajang saling tukar informasi baik sesama pekebun maupun dengan formulator (pordusen Manuver 400 WSC) dan instansi terkait khususnya Dinas Perkebunan.

"Setelah pertemuan ini kami mengharapkan agar pekebun yang belum tahu cara mengendalikan hama utama kelapa sawit (khususnya ulat kantong dan ulat api) dengan cara teknologi injeksi bisa menjadi tahu dan mengikuti pekebun yang sudah berhasil menggunakan Manuver 400 WSC," harap Herman yang murah senyum ini.

Bahkan berdasarkan pengalaman pekebun dari Lonsum dan Soffindo menunjukkan bahwa pengendalian ulat kantong dengan cara injeksi batang dengan Manuver 400 WSC terbukti efektif dan efisien mengendalikan hama tersebut.  Selain ulat kantong  ternyata dengan cara injeksi batang menggunakan Manuver 400 WSC mampu mengendalikan populasi hama ulat api.

Dengan terkendalinya hama utama kelapa sawit tersebut, buah kelapa sawit dapat tumbuh secara optimal dan hasilnyapun menggembirakan. Tambah lagi, teknologi injeksi batang ternyata ramah terhadap lingkungan, sebab tidak mencemari lingkungan dan tidak membunuh serangga non target, baik serangga penyerbuk maupun serangga berguna lainnya.

Pada acara temu teknis tersebut juga disampaikan dua makalah, yaitu tentang Bioekologi Hama Ulat Kantong dan Ulat Api oleh Prof. Darma Bakti dari USU dan Pengendalian Hama Ulat Kantong dan Ulat Api dengan Teknik Injeksi oleh Ir Fijrul Lubis, Binsar Syahputra B, dan Dalimunthe SP, dan Pengenalan Produk PT. Biotis Agrindo khususnya tentang Manuver 400 WSC oleh Ir Rusmanto.

 

PT. Polarchem


PT. Polarchem
Jl. Pluit Karang Barat Blok P2S No. 84
Muara Karang, Jakarta Utara 14450
Jakarta-Indonesia

Contact Person
Distributor PT. Biotis Agrindo

Mulsa Plastik MULTIS


PT. Multis Indah Plastik
Jl. Raya Perancis No. 68
Kawasan Pergudangan
Bandara Benda Permai
Blok A 14
Tangerang - 15211

Contact Person
Distributor PT. Biotis Agrindo


Kontak Kami

Rusmanto (R&D Manager) :
0812 943 6313

Slamet Ari (Sales Manager) :
0811 970 541

Puja Tata N. (Inspektur) :
0811 294 913